Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan - Temulawak adalah jenis tanaman obat-obatan yang berasal asli dari Indonesia atau lebih jelasnya dari daerah Pulau Jawa. Temulawak atau dalam bahasa latinnya Curcuma Xanthorrhiza memiliki bentuk dan warna seperti kunyit, maka dari itu di daerah sunda dikenal juga dengan nama koneng gede (kunyit besar).

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
Seperti keumuman jenis tumbuhan obat, temulawak juga terkandung di dalamnya beragam zat yang bermanfaat bagi tubuh. Yang diambil dari tumbuhan temulawak ini adalah rimpangnya, rimpang adalah sejenis batang tumbuhan yang menjalar di bawah tanah yang dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Di dalam rimpang temulawak dapat ditemukan berbagai senyawa kimia diantaranya: fellandrean dan turmerol atau yang dikenal juga minyak menguap, minyak atsiri, kamfer, glukosa, foluymetik karbinol dan kurkuminoid.

Manfaat Temulawak - Temulawak disinyalir dapat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, anti-bakteri, mencegah gangguan hati, anti-oksidan, dan menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan kurkuminoid di dalamnya yang terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurkumin. Zat lain yang tidak kalah bermanfaatnya bagi tubuh adalah minyak atsiri yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu juga menekan ketika adanya pembengkakan pada jaringan.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat Temulawak dapat mengobati berbagai macam jenis gangguan kesehatan pada saluran pencernaan. Menurut studi yang dilakukan Clinical Gastroenterology and Hepatology pada tahun 2006 mendapati bahwa adanya kesembuhan pada pasien yang mengidap gangguan kesehatan pada Ulcerative Colitis (penyakit peradangan usus yang menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan) berkat mengonsumsi ramuan temulawak secara teratur.

Meringankan Osteoarthritis salah satu Manfaat dari Temulawak

Osteoarthritis adalah jenis penyakit yang menyerang sendi yang terasa nyeri yaitu diakibatkan oleh inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulung yang menyusun sendi. Dengan kandungan yang terdapat pada temulawak bisa meredakan hingga menyembuhkan rasa nyeri pada peradangan tersebut.

Temulawak Mampu Mencegah Kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat (The University of Maryland Medical Center) dalam jurnal ilmiahnya "The Prostate" menjelaskan bahwa beberapa penyakit kanker seperti Kanker Payudara, Kanker Usus, dan Kanker Prostat dapat dicegah dengan cara mengonsumsi Temulawak secara rutin dan teratur. Karena di dalam temulawak terdapat kandungan curcumin yang mampu menghambat pertumbuhan kanker tersebut. Temulawak atau Curcuma berperan menghentikan jalannya aliran darah yang menuju ke sel kanker sehingga tidak lagi mengalami pertumbuhan.

Itulah manfaat yang bisa ditemukan di dalam tumbuhan temulawak, begitu banyak kandungan yang dimiliki temulawak sehingga dengan begitu kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak secara teratur. Bahan baku temulawak bisa diapatkan dengan mudah di wilayah kita Indonesia, adapun cara membuat ramuan temulawak akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Namun sekarang ini sudah banyak sekali jamu-jamu tradisional yang terbuat dari tumbuhan temulawak yang bisa langsung kita konsumsi.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown