Friday, July 4, 2014

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Tubuh

Manfaat Madu Untuk Kecantikan - Apabila kita menggali lebih jauh tentang alam, akan banyak kita temukan berbagai macam jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Terlebih sumber makanan yang didapat dari alam adalah sumber makanan terbaik, alami dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang bisa kita temukan dari alam adalam madu. Manfaat madu bagi manusia khususnya sangat banyak, ini sudah menjadi rahasia umum bahkan sejak beratus-ratus tahun lalu nenek moyang kita sudah mengetahui akan manfaat madu tersebut. Lalu apa sih madu itu? apa manfaat madu manusia? apakah manfaat madu juga bisa digunakan untuk kecantikan tubuh? mari kita cari tau jawabannya bersama-sama.

Madu adalah sejenis cairan yang dihasilkan oleh lebah atau bisa juga oleh sejenis serangga lainnya. Madu secara kasat mata terlihat seperti minuman sirup yang sering kita jumpai di swalayan. Bahan baku madu adalah nektar atau sari bunga yang dibawa oleh lebah. Perlu kita ketahui nektar atau sari bunga merupakan sumber makanan bagi si lebah, nektar yang diambil oleh lebah pekerja disimpan di dalam sejenis kantun madu yang ada pada tubuh lebah kemudian setibanya di sarang nektar-nektar tersebut dikeluarkan kembali dan secara gotong-royong dikunyah bersama-sama lebah lainnya. Pada prosesnya tersebut nektar akan menjadi lebih halus setelah dikunyah oleh para lebah lalu kemudian disimpan rongga-rongga sarang, apabila rongga sarang tersebut telah penuh lalu ditutupi dan terjadilah proses fermentasi yang pada akhirnya jadilah madu yang siap dikonsumsi oleh manusia.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Tubuh

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Tubuh
Selain untuk dikonsumsi, berkat kemajuan teknologi dan banyaknya ilmuan yang meneliti akan kangdungan-kandung zat yang ada pada madu maka belakangan ini muncullah beragam kosmetik yang terbuat dari olahan madu. Dari penelitian para ahli kesehatan dan kecantikan menyimpulkan bahwa madu adalah zat yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang bisa dan baik untuk digunkan sebagai pelembab kulit, bisa membuat kulit wajah terlihat segar, dan bahkan bisa untuk dijadikan masker kosmetik. Selain untuk mempercantik kulit ternyata madu juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, juga baik untuk kesuburan rambut dan menjaga kesehatan kulit rambut.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan - Berikut tips yang bisa dipraktekkan dalam mengolah madu untuk kecantikan. Manfaat madu untuk kecantikan wajah, rambut, dan manfaat madu untuk kecantikan kulit.

Madu bermanfaat untuk menyehatkan rambut
Agar rambut kita menjadi sehat dan terlihat cerah, gunakan madu untuk perawatannya. Caranya kita perlu siapkan madu sebanyak satu sendok teh kemudian dicampur dengan air sebanyak satu liter (air harus hangat). Campuran air dan madu tersebut siramkan pada rambut yang sebelumnya telah dicuci menggunakan shampo, tidak perlu dibilas lagi.

Madu bermanfaat untuk membersihkan muka
Adakalanya kita bosan dengan rayuan produk-produk kosmetik pembersih muka yang banyak ditawarkan di pasar, yang nyatanya hasilnya kurang memuaskan. Dengan latar belakang tersebut sudah saatnya kita menengok kembali produk-produk alami. Madu bisa digunakan untuk merawat muka, sebagai pengganti sabun pencuci muka yang sarat dengan bahan-bahan kimia. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami lainnya untuk mencampurkan madu sebagai pembersih wajah. Campuran tersebut diantaranya madu dipadupadankan dengan susu atau air mawar atau bisa juga dengan air biasa lalu ditambahkan sedikit bubuk cendana dan bubuk kunyit. Campuran ini diklaim telah terbukti bermanfaat bagi kecantikan muka yang efektif.

Menghilangkan jerawat dengan madu
Memanfaatkan madu untuk penghilan jerawat bisa dilakukan dengan cara mencampur madu dengan lemon. Campuran madu dan lemon ini selain dapat menghilangkan jerawat juga bisa menghilangkan bekas noda jerawat itu sendiri. Caranya bersihkan wajah dengan air lalu oleskan campuran madu dan lemon setelah 20 menit bersihkan kembali wajah dengan air.

Merawat kulit tubuh dengan madu

Kandungan zat yang ada pada madu bermanfaat untuk regenerasi sel-sel kulit. Sehingga tidak lagi ada kulit kusam, kering, yang ada kulit tubuh menjadi cerah dan bersinar.

Mandi atau berendam dengan madu
Yang paling terkenal dari memanfaatkan madu untuk kecantikan dikenal dengan nama mandi madu. Kita bisa berendam di dalam air madu caranya campur seperempat cangkit madu dan 4 tetes minyak esensial mawar atau bisa juga lavender ke dalam sebuah tempat untuk berendam atau bathtub yang sudah terisi air hangat. Lakukan kegiatan berendam ini selama 15 menit sambil relaksasi dan pijatan pada tubuh.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit Wajah, Rambut dan Tubuh

Itulah beberapa manfaat madu untuk kecantikan tubuh, selain untuk kecantikan tentunya manfaat madu juga bisa untuk kesehatan tubuh atau sebagi penyembuh berbagai macam penyakit. Manfaat madu untuk kesehatan akan kami bahas pada kesempatan berikutnya. Semoga informasi manfaat madu untuk kesehatan tubuh ini bermanfaat, dan anda bisa mengaplikasikan tips-tips penggunaan madu untuk kesehatan di atas sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown