Thursday, July 17, 2014

Manfaat Lengkuas, Laja atau Laos Untuk Kesehatan

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan - Lengkuas merupakan sejenis tanaman rempah-rempah yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Secara umum ada dua jenis lengkuas yang tumbuh di Indonesia, yaitu Lengkuas Merah dan Lengkuas Putih. Lengkuas merah biasanya dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal atau alami seperti halnya temulawak. Dan lengkuas putih sama seperti jahe dan kunyit selain dipakai obat alami juga banyak digunakan sebagai tambah bumbu masakan.

Manfaat Lengkuas

http://apamanfaat.blogspot.com
Kakek buyut kita dan orang tua dahulu sejak sudah lama memanfaatkan lengkuas merah sebagai obat tradisional. Biasanya lengkuas merah dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan seperti rematik, penambah gairah, peningkat nafsu makan, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu.

Lengkuas tumbuh sumbur di tanah indonesia, dan memiliki nama lain di masing-masing daerah. Seperti orang-orang Sunda menyebut lengkuas dengan sebutan Laja, dan orang jawa biasanya menyebutnya Laos. Di dalam lengkuas merah, Laja, atau Laos terdapat beberapa kandungan seperti minyak atsiri, eugenol, minyak terbang, pinen, sekuiterpen, kaemferida, metil sinamat, galangol, galangan, dan kristal kuning. Kesemua kandungan tersebut memiliki masing-masing manfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Manfaat Lengkuas Sebagai Obat Rematik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sudah sejak zaman dahulu lengkuas sering dimanfaatkan untuk mengobati rematik, cara pemakaiannya sebagai berikut:

Cara Pertama
Bahan-Bahan: 2 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung
Pengolahan: parut lengkuas kemudian ambil airnya dengan cara diperas, telur ambil kuningnya saja. Kemudian campurkan air lengkuas dan kuning telur aduk sampai merata.
Pemakaian: minum 1 kali ramuan tadi setiap harinya.
Cara Kedua
Bahan-Bahan: 3 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, bubuk merinca sebanyak setengah sendok teh, gula mera satu potong, santan kelapa sebanyak 2 gelas.
Pengolahan: Rebus ketiga bahan di atas hingga air yang tersisa sebanyak 1 gelas.
Pemakaian: rutin konsumsi setiap harinya 1 kali selama satu minggu

Manfaat Lengkuas untuk mengobati Sakit Limpa
Lengkuas bisa mengobati penyakit limpa, seperti pembengkakan pada limpa. Cara penggunaanya sebagai berikut:
Bahan-Bahan: 2 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, 3 rimpang temulawak kira-kira sebesar ibu jari dan daun meniran 1 genggam.
Pengolahan: rebus semua bahan-bahan dengan tambahan 3 gelas air hingga mendidih
Pemakaian: rutin minum olahan tersebut sebanyak 2 kali 1 cangkir dalam satu hari, pagi hari dan sore hari.

Membangkitkan Gairah Seks - Khasiat Lengkuas
Bahan-Bahan: 2 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, 3 rimpang halia kira-kira sebesar ibu jari, jeruk nipis sebanyak 2 buah, merica sebanyak 1 sendok teh, garam sebanyak 1 sendok teh, dan 1 ragi tape.
Pengolahan: Parut lengkuas dan halia lalu ambil airnya dengan cara diperas, kemudian campurkan kesemua bahan di atas dengan setengah gelas air yang sudah masak dan aduk sampai merata.
Pemakaian: diminum

Pembangkit Nafsu Makan - Khasiat Lengkuas
Bagi anda yang sedang dilanda kurang nafsu makan, bisa menggunakan ramuan tradisional dari lengkuas, caranya:
Bahan-Bahan: 1 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, Mengkudu sebanyak 3 buah, kecur setengah rimpang,  bubuk ketumbar sebanyak setengah sendok teh, bawang putih 1 siung, asam jawa masak 3 mata, gular merah 1 potong, jakeling, jarahab, dan jalawe.
Pengolahan: rebus semua bahan-bahan tadi dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas.
Pemakaian: minum ramuan tadi sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi setengah gelas dan sore setengah gelas.

Morbili - Khasiat Lengkuas
Bahan-Bahan: 4 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, minyak kayu putih 1 sendok teh, minyak gandapura sebanyak 2 sendok teh.
Pengolahan: parut lengkuas sampai halus kemudian campurkan dengan bahan-bahan lainnya hingga merata.
Pemakaian: untuk obat luar

Menghilangkan Panu dengan Lengkuas
Jika anda memiliki panu, agar tidak sampai merusak kulit bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan lengkuas, berikut caranya:
Bahan-Bahan: lengkuas dan kapur sirih secukupnya
Pengolahan: tumbuh bahan-bahan hingga halus
Pemakaian: digosokan pada kulit yang terdapat panu, rutin pagi dan sore

Itulah beberapa manfaat lengkuas sebagai bahan pengobatan alami yang berkhasiat dan telah digunakan sejak jaman dahulu oleh orang tua kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, dan lebih memperhatikan obat-obat tradisional sebelum beranjak menggunakan obat-obat yang sarat dengan bahan-bahan kimia. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melalukan pengobatan alami dengan lengkuas ini.

Manfaat Lengkuas, Laja atau Laos Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown