Sunday, July 20, 2014

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan - Indonesia dengan iklim tropisnya mendatangkan keuntungan tersediri, tumbuh suburnya berbagai macam tumbuhan, aneka ragamnya kehidupan hewan. Dari tetumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, hingga obat tradisional. Jenis daun seperti daun sirsak, daun pepaya, daun binahong bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Sirih Hijau

Selain beberapa jenis daun di atas ada lagi daun yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional, yaitu daun sirih hijau. Di Indonesia ada dua jenis daun sirih yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Kedua jenis daun sirih ini bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alami.

Nama lain daun sirih hijau yaitu Piper Betle dalam bahasa latin. Sirih merupakan tanaman yang hidup secara merambat menempel pada pagar-pagar rumah, pada batang pohon lain, atau merambat di tanah.

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan

Orang tua dahulu biasa menggunakan daun sirih hijau untuk bahan ramuan nginang atau nyeupah. Bahan-bahan nginang tersebut terdiri dari daun sirih, pinang, kapur sirih, dan kapulaga. Selain itu masih banyak lagi manfaat daun sirih hijau terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya:

Mengobati Keputihan
Bagi seorang wanita, keputihan adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Sudah menjadi rahasia umum untuk mengobati keputihan diperlukan obat-obatan dari daun sirih hijau. Sudah banyak dijual dipasaran berbagai macam obat yang dikatakan di dalamnya terdapat olahan daun sirih. Anda juga bisa mengobati keputihan secara lebih alami dengan cara: 7 sampai 10 lembar daun sirih hijau direbus dalam 2.5 liter air sampai mendidih. Air rebusan tadi biarkan hingga hangat, lalu basuh daerah kewanitaan menggunakan air tersebut. Lakukan ini secara rutin.

Mengobati Gatal akibat alergi dan biduran
Cara mengobati gatal yang diakibatkan oleh alergi dan biduran bisa dengan cara berikut: 6 lembar daun sirih, jahe kuning 1 potong dan minyak kayu putih 1.5 sendok makan ditumbuk bersama-sama hingga halus. Jika sudah halus, ramuan tersebut dioleskan atau digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.

Mengobati Diare
Diare yang tak kunjung sembuh bisa dengan cepat diobati menggunakan ramuan daun sirih hijau. Caranya: 4 sampai 6 lembar daun sirih hijau, lada 6 biji, dan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan ditumbuk secara bersamaan hingga halus. Kemudian gosokkan pada perut biarkan hingga kering.

Mengobati gusi berdarah
Banyak cara untuk mengobati gusi berdarah, salah satunya menggunakan daun sirih hijau. Caranya: 4 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan air rebusan tersebut hingga dingin, lalu kemudian air tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan ini secara teratur dan berulang sampai sembuh.

Manfaat Daun Sirih Hijau

Itulah beberapa manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan, selain itu baca juga manfaat daun sirih merah untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown