Thursday, July 17, 2014

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan Dan Cara Membuatnya

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan - Kencur adalah jenis tanaman obat-obatan yang banyak ditemui di hampir seluruh daerah di Indonesia. Tanaman kencur tegolong kepada jenis tanaman temu-temuan atau istilah latinnya Zingiberaceae. Rimpang tanaman kecur biasanya banyak digunakan untuk pelengkap bumbu masakan. Selain itu juga lebih penting dari manfaat rimpang kencur adalah bisa digunakan untuk obat tradisional.

Manfaat Beras Kencur

http://apamanfaat.blogspot.com/
Biasanya kencur diolah menjadi jamu yang populer dengan nama jamu beras kencur. Khasiatnya jamu beras kencur untuk kesehatan telah diakui secara nasional bahkan internasional. Para ahli kesehatan telah mendapatkan informasi kandungan-kandungan yang ada di dalam kencur. Diantara kandungan tersebut adalah mineral, pati, asam metil kanil, minyak atsiri, penta dekaan, ethyl aster dan asam cinnamic. Juga di dalam kencur terdapat borneol, kamphene, paraeumarin, alkaloid, asam asinic, dan gom.

Kencur merupakan tanaman obat yang masih satu keluarga dengan jahe dan kunyit. Kencur merupakan bahan utama untuk membuat jamu beras kencur yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat beras kencur yang bisa kita temukan.

Khasiat dan Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan

Menyergarkan Tubuh - Khasiat Beras Kencur
Dengan mengonsumsi beras kencur badan yang tadinya lesu tidak bergairah dapat kembali segar dan bugar. Khasiat beras kencur untuk mengurasi pegal pada tubuh ini telah diyakini sejak jaman dahulu.

Menambah Stamina - Khasiat Beras Kencur
Selain untuk mengembalikan kebugaran tubuh, beras kencur juga dapat menambah stamina, cara kerjanya seperthi halnya suplemen-suplemen yang banyak beredar di pasaran sekarang ini. Namun bedanya suplemen penambah stamina menggunakan beras kencur jauh lebih alami dan menyehatkan, serta yang paling penting adalah terhindar dari efek-efek kimia.

Meredakan Sakit - Khasiat Beras Kencur
Kencur dapat digunakan untuk pereda rasa sakit karena di dalamnya memiliki kandungan minyak atsiri dimana minyak ini berperan sebagai zat analgesic pereda nyeri pada tubuh.

Mengobati masuk angin
Masuk angin dapat mudah disembuhkan dengan ramuan jamu beras kencur. Bahkan jika anda terserang migrain pun bisa disembuhkan dengan ramuan kencur ini.

Menegah Tubuhnya Jerawat
Selain manfaat beras kencur untuk kesehatan, ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Kencur dapat mencegah tumbuhnya jerawat dan juga bisa dijadikan pelangsing alami tubuh.

Cara Membuat Beras Kencur

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa beras kencur memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Selain bermanfaat bagi kesehatan juga bermanfaat bagi kecantikan. Bagi anda yang ingin membuat sendiri ramuan jamu beras kencur bisa dilakukan dengan cara seperti berikut ini.

Bahan-Bahan:
  • 3 jari kencur
  • 100 gram beras
  • Jahe besar sebanyak 1 potong
  • Gula Jawa sebanyak 125 gram
  • Kunyit kecil sebanyak 1 potong
  • Jeruk Nipis 1 buah
  • Asam Jawa sebnyak 1 sendok makan
  • Daun pandan 1 lembar
  • Dan Garam secukupnya.
Cara mengolah Jamu Beras Kencur
  • Rendam beras dengan air bersih selama 3 jam
  •  Gula jawa, kunyit, jahe, daun pandan, dan asam  jawa direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Setelah mendidih lakukan penyaringan
  • Kemudian Kencur, Jahe, Beras dan Kunyit digiling sampai halus
  • Setelah digiling halus kemudian tuangkan air rebusan, kemudian lakukan penyaringan kembali.
  • Peras jeruk nipis lalu tambahkan ke racikan tadi bersamaan dengan garam
  • Anda bisa menambahkan gula secukupnya, agar terasa manis.
Demikianlah beberapa manfaat beras kencur bagi kesehatan dan cara membuat beras kencur secara lengkap. Simak juga artikel lainnya mengenai manfaat rempah-rempah.

Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan Dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown