Saturday, July 19, 2014

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan - Sirsak adalah salah jenis buah yang enak dikonsumsi, menyegarkan dan manis. Biasanya dijual dalam bentuk jus sirsak, cukup digemari di Indonesia. Dibalik kesegaran dalam buah sirsak ternyata mengandung banyak senyawa yang bisa berguna bagi tubuh manusia. Buah sirsak adalah jenis buah yang memiliki kedekatan dengan Srikaya, bernama latin Anona Muricata Linn. Buah sirsak ternyata bukan berasal dari Indonesia, melaikan dari daerah Amerika tempatnya di Peru, Argentina dan Meksiko. Sedangkan di Indonesia nama sirsak diambil dari bahasa Belanda Zuurzak.

Kandungan Gizi di dalam Buah Sirsak

http://apamanfaat.blogspot.com/search/label/Manfaat%20Buah-Buahan
Di dalam buah sirsak mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Secara fisik buah sirsak terdiri dari daging buah 67.5 persen, kulit buah 20 persen, biji buah 8.5 persen, dan inti buah 4 persen. Air merupakan kandungan paling banyak di dalam buah sirsak, setelahnya adalah karbohidrat. Karbohidrat yang terkandang dalam buah sirsak berjenis gula pereduksi atau glukosa dan fruktosa yang memiliki kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Kandungan vitamin yang paling banyak di dalam buah sirsak adalah vitamin C sekitar 20mg di setiap 100 gram daging buah sirsak. Sedangkan kebutuhan vitamin C per orang setiap harinya adalah 60mg maka jika melihat kandungan vitamin C di dalam sirsak, kebutuhan vitamin C tubuh bisa terpenuhi dengan hanya mengonsumsi buah sirsak sebanyak 300 gram saja.

Sedangkan kandungan mineral yang paling banyak di dalam buah sirsak adalah fosfor sebesar 27 mg dan kalsium 14 mg disetiap 100 gram daging sirsak. Kedua mineral ini bermanfaat bagi tubuh guna pembentukkan massa tulang, maka dengan mengonsumsi buah sirsak dapat membantu pembentukkan tulang yang kuat dan menghambat terjadinya osteoporosis. Selain kedua mineral tadi buah sirsak juga mengandung sodium (natrium) yang memiliki kadar rendah yaitu 14mg di setiap 100 gram daging sirsak, juga mengandung potasium (kalium) dengan kadar 278 mg disetiap 100 gram daging sirsak. Perbandingan kandungan sodium yang rendang dengan potasium yang tinggi bermanfaat bagi tubuh dalam pencegahan terkena hipertensi.

Selain kandungan gizi, buah sirsak juga kaya akan kandungan nongizi seperti serat. Serat pangan yang terkandung di dalam buah sirsak sangat banyak yaitu 3.3 gram per 100 gram daging buah sirsak.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak yang menyegarkan itu ternyata selain rasanya yang enak juga dapat membantuk penyembuhan ketika kita mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Lebih jauh lagi buah sirsak juga bisa mengatasi heamaturia, heamaturia adalah bercampurnya urin dengan sel darah putih. Selain itu juga bisa menyembuhkan penyakit hati ringan.

Menjaga kesehatan tulang
Selain dominan dengan kandungan 2 mineral fosfor dan kalsium, di dalam buah sirsak juga terkandung mineral lain seperti tembaga. kandungan ini dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam sel-sel tulang sehingga menyebabkan tulang tercukupi asupan nutrisinya.

Dapat meningkatkan stamina dan energi
Jus buah sirsak mampu membuat anda yang sedang loyo kembali bugar. Ini diakibatkan oleh aroma yang dikeluarkan jus buah sirsak yang segar juga di dalam buah sirsak mengandung thiamin, dimana thiamin ini berperan sebagai peningkat stamina dan energi.

Meredakan Migrain
Selain kandungan vitamin C yang banyak itu di dalam buah sirsak, juga mengandung vitamin B2 atau riboflavin. Dimana riboflavin ini disebut efektif untuk menghilangkan sakit kepala sebelah atau migrain.

Manfaat Buah Sirsak Dapat mencegah anemia
Buah sirsak berperan dalam mencegah datangnya anemia berkat kandungan zat besi yang ditemukan di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia. Dari manfaat-manfaat tersebut seyogyanya kita semakin disadarkan akan pentingnya mengonsumsi jenis buah-buahan. Seperti yang kita ketahui sebagaimana buah sirsak, di dalam buah lainnya pun banyak mengandung senyawa-senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Lihat juga manfaat jeruk nipis, manfaat jeruk purut untuk menambah pengetahuan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown