Sunday, July 20, 2014

Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan Beragam Penyakit

Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan Beragam Penyakit - Pepaya adalah tumbuhan yang lazimnya dimanfaatkan buahnya. Buah pepaya enak untuk dikonsumsi dengan ciri khas rasanya yang manis. Selain buahnya, biasanya tumbuhan pepaya diambil daun mudanya untuk dijadikan lalapan, dipadukan dengan sambal. Tumbuhan pepaya bukan berasal dari negara kita, pepaya berasal dari wilayah amerika yaitu meksiko. Yang a

kan kami bahas di sini adalah daun pepaya. Secara rasa daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit, namun tetap enak disajikan sebagai lalapan.
Dan ternyata di dalam daun pepaya tersebut tersimpan banyak kandungan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Secara turun temurun bahkan daun pepaya dikabarkan telah dijadikan sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Orang tua dahulu biasanya menggunakan daun pepaya untuk menyembuhkan penyakit cacingan, demam berdarah, malnutrisi pada bayi, dan nyeri saat haid. Sedangkan menurut para peneliti ahli kesehatan di dalam kandungan daun pepaya terdapat unsur yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan dalam Daun Pepaya

Khasiat yang ditimbulkan pepaya untuk kesehatan berkat adanya kandungan banyak zat di dalamnya. Diantaranya vitamin A 18250 SU, 140 mg vitamin C, 0.15 mg vitamin B1, 79 kal Kalori, 2 gram Lemak, 8 gram protein, 353 mg kalsium, 11.9 gram hidrat arang, 63 mg fosfor, 75.4 gram air, dan 0.8 mg zat besi.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Daun Pepaya Untuk Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah hingga saat menjadi salah satu penyakit paling ditakuti oleh setiap orang. Demam berdarah kini sudah banyak ditemukan cara pengobatannya, salah satunya dengan memanfaatkan daun pepaya. Cara mengobati demam berdarah dengan daun pepaya adalah: 5 lembar daun pepaya direbus dalam 3 gelas air mendidih hingga menyisakan 1 gelas saja. Minum air rebusan daun pepaya tersebut hingga habis.

Daun Pepaya Untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Bagi anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan, bisa dirangsang dengan mengonsumsi daun pepaya yang direbus. Cara meningkatkan nafsu makan dengan daun pepaya adalah: tumbuk atau blender 1 lembar daun pepaya bersamaan dengan campuran garam sedikit, air hangat setengah gelas. Lalu saring hasil tumbukan tadi hingga menyisakan airnya saja untuk lalu diminum.

Mengobati Nyeri Haid dengan daun Pepaya

Sering kali terjadi bagi wanita yang sedang mengalami haid dibarengi dengan rasa sakit. Hal ini bisa diatasai dengan mengonsumsi daun pepaya. Cara mengobati nyeri haid dengan daun pepaya adalah: rebus 1 lembar daun pepaya dan asam jawa sekaligus dalam air hingga matang dengan ditambahkan garam secukupnya. Lalu Minum selagi hangat.

Daun Pepaya dapat melancarkan Pencernaan
Karpain adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam daun pepaya yang berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan. Karpain bekerja membunuh micro organisme di dalam pencernaan yang bersifat mengganggu. Cara menggunakannya untuk melancarkan pencernaan hanya dengan menjadikan pucuk daun pepaya sebagai lalapan teman makan.

Masker Anti Jerawat dari Daun Pepaya
Selain untuk kesehatan ternyata daun pepaya juga berguna untuk kecantikan kulit wajah. Wajah yang berjerawat bisa diobati dengan daun pepaya dengan cara dibuatnya sebagai masker. Cara membuat masker anti jerawat dengan daun pepaya adalah: keringkan daun pepaya terlebih dahulu, lalu campurkan dengan air dan diusapkan ke wajah seperti ketika ketika menggunakan masker.

Mengobati Sakit Perut Balita dengan Daun Pepaya
Balita yang menderita perut kembung bisa disembuhkan dengan ramuan daun pepaya. Cara mengobati sakit perut balita dengan daun pepaya adalah: 2 lembar daun pepaya dan 3 tangkai daun dadap serep serta kapur sirih secukupnya ditumbuk sampai halus. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan ramuan tadi pada perut balita.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh manusia sekaligus manfaat daun pepaya untuk kecantikan wajah. Selain beberapa manfaat di atas, ternyata daun pepaya juga memiliki kegunaan lainnya, yaitu untuk masakkan sebagai pelunak daging. Supaya daging menjadi lebih empuk, sebelum dimasak terlebih dahulu rebus daging bersama dengan daun pepaya, namun jangan terlalu banyak daun pepayanya karena meninggalkan rasa pahit dalam daging.

Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan Beragam Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown