Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah, Rambut dan Badan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan - Jeruk Nipis adalah nama buah yang dihasilkan dari jenis tumbuhan perdu yang diberinama sama dengan nama buahnya, Jeruk Nipis atau Limau Nipis. Jeruk nipis memiliki ciri khas yaitu rasanya yang asam dan terasa agak pahit. Buah limau yang asam ini biasanya tidak dikonsumsi secara langsung melainkan diperas, dan air perasannya itu dipakai untuk memasamkan masakan.

Namun begitu, Jeruk Nipis adalah buah yang memiliki kadar vitamin C yang paling banyak bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Dengan kadar vitamin C itu, maka jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan tubuh manusia, juga kecantikan kulit. Jeruk nipis biasanya dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya: radang tenggorokan, amandel, sembelit dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan
 
Seperti halnya buah jeruk dari jenis lainnya yang terkenal dengan kandungan vitamin dan mineral, begitu juga dengan Jeruk Nipis. Menurut para ahli kesehatan menyatakan bahwa dalam 100 gram jeruk nipis terdapat beberapa kandungan yaitu: Kalori 51 kal, Protein 0.9 gram, Lemak 0.2 gram, Karbohidrat 11.4 gram, Mineral 0.5 gram, Kalsium 33 mg, Fosfor 23 mg, Zat Besi 0.4 mg, dan Asam Askorbat 49 mg.

Dari kandungan yang terdapat pada Jeruk Nipis di atas, ahli kecantikan mengolah Jeruk Nipis menjadi lebih bermanfaat bagi tubuh manusia. Para ahli kecantikan dan juga tradisi turun temurun bahwa Manfaat Jeruk Nipis diyakini dapat menghilangkan jerawat, merawat kulit wajah, merawat kesehatan rambut, dan menghilangkan bau badan.

Jeruk Nipis Dapat Menghilangkan Jerawat
Ada dua cara mengolah jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat. Cara pertama, dengan diminum setelah diolah menjadi jus jeruk nipis, dalam upaya menghilangkan jerawat pada wajah usahakan minum jus jeruk nipis setiap hari. Cara kedua, mengoleskan langsung jeruk nipis ke kulit muka. Caranya, ambil kapas lalu teteskan perasan jeruk nipis ke atasnya, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Setelah itu diamkan selama 10 menit kemudian lalu bilas dengan air dingin.

Merawat Kulit Wajah dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah agar terlihat lebih cerah, bersih dan bebas jerawat. Cara menggunakannya sama dengan poin kedua cara menghilangkan jerawat, perasan Jeruk Nipis dioleskan pada wajah secara langsung, setelah 15 menit di diamkan lalu basuh dengan air hingga bersih.

Merawat Kesehatan Rambut
Merk-merk shampo ternama telah dari dulu menggunakan ekstrak Jeruk nipis untuk produk yang mereka buat. Dengan Jeruk nipis diyakini dapat membuat kulit rambut menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai rupa masalah rambut dan kulit kepala. Dengan rutin menggunakan jeruk nipis akan membuat rambut tidak berketombe, terhindar dari kulit kepala yang berminyak, mencegah kerontokan rambut, dan lainnya. Cara tradisionalnya bisa dengan cara langsung membasuh kepala dengan air hangat yang sudah dicampur perasan Jeruk Nipis, lalu bilas sampai bersih (lebih dianjurkan memakai shampo saat membersihkannya).

Menghilangkan Bau Badan
Bau badan merupakan hal yang paling dienggani oleh setiap orang ada pada badannya, karena dengan badan yang harus jauh dari bau badan yang diakibatkan keringat akan membuat siapa saja menjadi lebih percaya diri. Bila anda yang saat ini sedang dihinggapi ketidaknyamanan akan bau badan, manfaat jeruk nipis bisa anda gunakan untuk mengobati bau badan tersebut. Cara sering dilakukan yaitu dengan cara memotong satu buah jeruk nipis. Kemudian potongan jeruk nipis di bagian dalamnya diolesi kapur sirih, kemudian gosong ketiak juga badan anda dengan jeruk nipis tersebut. Jika sudah selesai bersihkan tubuh anda hingga benar-benar bersih.


Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah, Rambut dan Badan

Ya itulah manfaat Jeruk Nipis untuk kecantikan kulit wajah, rambut dan badan. Untuk manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh bisa anda baca di sini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah, Rambut dan Badan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown