Thursday, July 17, 2014

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan - Apa yang terbayang dibenak kita ketika mendengar nama bawang merah? Mungkin serentak mengatakan makanan, goreng-gorengan. Benar, karena memang bawang merah lajimnya dipakai untuk bahan bumbu masakan. Namun siapa sangka ternyata bawang merah memiliki manfaat lain selain untuk bumbu masakan, yaitu manfaat bawang merah untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

http://apamanfaat.blogspot.com
Khasiat bawang merah untuk kesehatan tidak sepopuler bawang putih, tapi perlu kita ketahui di dalam bawang merah mengandung banyak unsur-unsur yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan kesehatan. Di dalam sebutir bawang merah terdapat kandungan senyawa seperti minyak atsiri, metilalin, sikloaliin, dihidroaliin, kuersetin, flavonglikosida, saponin, fitohormon, peptida, zat pati, dan vitamin.

Kandungan-kandungan senyawa di dalam bawang merah tersebut dapat digunakan untuk kesehatan tubuh manusia, diantara manfaat bawang merah untuk kesehatan tersebut adalah:

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Mengontrol tekanan darah - khasiat bawang merah
Sebagaimana saudara kandungnya yaitu bawang putih, bawang merah apabila dikonsumsi tanpa melalui proses penggorengan atau pemanggangan, dapat menstabilkan tekanan darah. Di dalam bawah merah terkandung quercetin yaitu flavonol antioksidan yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, menambah produksi darah, dan dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Apabila anda mengonsumsi bawang merah dengan tanpa dimasak terlebih dahulu misalkan di jus atau dijadikan lalapan bisa membantu tubuh anda membuang racum di dalam tubuh juga dapat mengontrol tekanan darah anda.

Menyembuhkan Sembelit - Khasiat Bawang Merah
Bawang merah mentah mengandung serat yang berguna bagi tubuh untuk mengeluarkan toksin atau partikel makanan yang bersifat sulit dicerna oleh usus dalam tubuh anda.

Menurunkan kolesterol - Khasiat Bawang Merah
Menjaga kolesterol adalah salah satu usaha agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Bawang merah mentah bisa membantu anda dalam menjaga kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol baik dalam darah bisa dijaga dengan mengonsumsi bawang merah sehingga membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung. Ilmuan Hongkong pernah melakukan penelitian tentang peranan bawang merah dalam menurunkan kolesterol.

Meredakan sakit tenggorokan - Khasiat Bawang Merah
Bawang populer juga sebagai obat ayurveda yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Jika anda terserang sakit tenggorokan dianjurkan untuk mengonsumsi bawang merah yang dihaluskan lalu dicampur dengan jahe dan madu.

Menurunkan resiko diabetes - Khasiat Bawang Merah
Bagi penderita diabetes membutukan kadar insulin yang baik di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi rutin bawang merah mentah itu berarti anda telah meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Bagi kita yang tidak memiliki riwayat diabetes dengan mengonsumsi bawang merah mentah akan membantu menurunkan resiko terkena diabetes.

Mencegah pertumbuhan sel kanker
Bawang merah mentah mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari pembesaran usus jika kita mengonsumsinya secara rutin. Hal ini juga sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, prostat dan kanker paru-paru. Selain itu bawang merah juga dipercaya bisa menyembuhkan gangguan yang terjadi pada saluran kemih.

Dapat mengatasi wasir - Khasiat Bawang Merah
Berdasarkan penelitian bahwa di dalam bawang merah terdapat kandungan yang berfungsi untuk mengentikan pendarahan dan juga dapat mengurangi rasa nyeri pada dubur yang diakibatkan oleh ambieien atau wasir. Dengan rutin mengonsumsi bawah merah mentah tiga kali dalam sehari rasaya nyeri dan pendarahan yang diderita pada dubur akan hilang.

Itulah beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan. Kembali kita disadarkan tentang kayanya alam dan kayanya manfaat yang terkandung di dalamnya. Bahan-bahan yang semula kita tidak tau manfaatnya berkat dilakukannya penelitian oleh para ilmuan dan para ahli kesehatan maka semakin banyaklah obat alternatif alami yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown