Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh - Kembali lagi bersama kami blog yang mengulas tuntang mengenai segala macam manfaat. Setelah sebelumnya membahas manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, lalu apa ada manfaat lain dari jeruk nipis? Jawabannya ya, ada jeruk nipis selain bermanfaat untuk kecantikan kulit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu, apa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh itu? Mari kita kupas di sini.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh
Penting kita ketahui bahwasannya Jeruk Nipis adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Dan bila dibandingkan dengan jeruk-jeruk jenis lainnya Jeruk Nipis adalah ratunya dalam hal kandungan vitamin, meskipun dalam segi rasa tidak mungkin untuk dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang asam dan agak pahit. Kandungan apa saja yang terkandung di dalam buah jeruk nipis? anda bisa baca pada artikel sebelumnya di manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.

Sudah dikenal sejak dahulu, orang tua yang hidup jauh sebelum kita telah menggunakan jeruk nipis sebagai obat tradisional atau alternatif. Jeruk nipis biasa digunakan untuk mengobati beragam penyakit diantaranya: mengobati radang tenggorokan, mengobati batuk (biasanya dicampur dengan kecap), masalah buang air kecil, amandel, sembelit, dan penyakit lainnya.

Di awal telah disinggung bahwa jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C nya, ternyata bukan itu saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfren, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrum, kalsium, lemak, fosfor, zat besi, vitamin B1 dan C. Begitu banyak kandungan zat yang ada pada sebuah jeruk nipis, bila ini diolah dan dikonsumsi sesuai dengan aturannya yang benar maka manfaat jeruk nipis ini bisa sangat besar bagi tubuh manusia.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk Nipis membantu melancarkan program Diet
Jeruk nipis terkenal dengan rasanya yang asam, namun jangan salah ada juga jeruk nipis yang rasanya manis, biasa disebut Jeruk Nipis Manis. Meski rasanya manis, Jeruk Nipis Manis ini rendah kalori, rendah protein. Makanan yang rendah kalori dan protein ini sangat membantu anda yang sedang menjalani program diet. Jika anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis ini, maka kalori yang bertambah hanya 43 kalori untuk tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis dapat melancarkan pencernaan
Jika anda sedang dalam mengalami masalah pada pencernaannya, cobalah obati dengan obat-obatan alami terlebih dahulu, salah satunya dengan mengonsumsi Jeruk Nipis. Jeruk nipis memiliki flavonoid yang memiliki fungsi meningkatkan empedu, asam, dan cairan pencernaan pada tubuh manusia. Dengan kandungan Flavonoid pada jeruk nipis ini tubuh akan terbantu menetralkan cairan pencernaan asam dan menguluarkan racun dalam tubuh. Atau jika perut anda merasa tidak enak, mual dan muntah misalkan jeruk nipis juga mampu bekerja sebegai penenang perut dari gejolak rasa tidak enak tadi.

Jeruk Nipis sebagai sumber mineral tubuh
Tubuh membutuhkan mineral yang cukup agar kita tetap sehat. Jeruk Nipis manis kaya akan mineral, kandungan mineral yang bisa kita dapati dari sebuah jeruk nipis manis adalah zat besi, kalium, fosfor dan kalsium. Semua kandungan mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun begitu anda harus sambil konsultasi pada dokter atau orang ahli dalam bidang kesehatan apabila ingin menggunakan jeruk nipis sebagai obat alternatif anda agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Jeruk Nipis mampu mengatasi sembelit
Sembelit bisa diakibatkan oleh adanya racun dalam saluran usus, untuk membantu mengeluarkan racun-racun tersebut dari dalam tubuh kita membutuhkan zat khusus yang ada di dalam makanan yang kita makan. Jeruk nipis manis mempunyai itu, zat-zat terkandung di dalamnya mampu mengeluarkan racun yang menjadi penyebab sembelit.


Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Sebagai pencegahan agar tubuh kita tetap sehat dibutuhkan asupan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin. Jika kita lihat kandungan-kandungan yang ada pada jeruk nipis ini menjadi solusi dalam rangka menjaga tubuh kita dari berbagai macam penyakit yang mungkin menghinggapi tubuh. Karena diyakini dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dan teratur akan mampu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

Mengobati batuk dengan jeruk nipis
Pastinya banyak diantara kita yang pernah mengonsumsi jeruk nipis untuk meredakan batuk yang diderita. Memang orang tua kita telah hapal lebih dulu secara turun-temurun mengenai khasiat jeruk nipis mengobati batuk. Untuk mengobati batuk kita bisa mengonsumsi satu buah jeruk nipis yang diperas ke dalam satu gelas air hangat dicampur dengan kecap atau madu sebanyak satu sendok makan, lalu beri sedikit garam. Dengan mengonsumsi ini 2-3 kali dalam satu hari dapat segera meredakan batuk yang diderita.

Mengobati Amandel
Berbeda dengan manfaat jeruk nipis untuk penderita batuk-batuk, ternyata jeruk nipis juga dapat mengobati amandel dan ini masih sedikit orang yang mengetahuinya. Cara mengonsumi jeruk nipis untuk mengobati amandel yaitu: siapkan 3 buah jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, potong-potong menjadi bagian kecil untuk kemudian di rebus dengan volume air sekita 2 gelas sampai mendidih. Saring air dan jeruk yang sudah tinggal 3/4 gelas tersebut lalu tuangkan ke dalam wadah dan berkumurlah dengan air tersebut selagi hangat, lakukan itu 3-4 kali dalam sehari.

Manfaat Jeruk Nipis

Itulah beragam manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita. Alam kita begitu kaya dengan buah-buahan, sayuran dan makanan alami lainnya yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Semoga ulasan mengenai manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ini dapat banyak memberikan manfaat untuk kita semua.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown