Thursday, July 17, 2014

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan - Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang diyakini memiliki khasiat terhadap kesehatan. Keyakinan ini telah ada sejak ratusan hingga mungkin ribuan taun yang lalu. Jahe atau dikenal juga dengan nama latinnya Zingiber Officinale memiliki kandungan senyawa seperti zingiberol, kurkumen, bisabolena, minyak astiri, gingerol, resin pahit, dan filandrena.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Asal tanaman rempah ini diperkirakan dari daratan China Selatan, hingga kemudian terus berkembang ke seluruh Asia, Afrika, Eropa hingga Amerika Latin. Jahe juga biasanya suka dibuat bumbu masakan, hampiran dapat ditemui pada masakan oriental bisa kita temui komposisinya mengandung jahe.

Selain adanya banyak manfaat untuk kesehatan yang terkandung di dalam jahe, jahe mempunyai rasa yang khas dan aroma yang enak sehingga dapat menambah sedap jika dijadikan bumbu masakan.

Manfaat dan Khasiat Jahe 

Pembunuh Sel Kanker
Jahe memiliki kandungan nutrisi yang dapat meredam perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia. Beberapa kanker yang dapat dicegah pertumbuhannya menggunakan ekstrak jahe adalah kanker ovarium, dan kanker usus.

Mengurangi Sakit dan Peradangan
Kandungan yang ada di dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi, anti-inflamasi ini berarti mampu berperan sebagai obat pengurang rasa sakit. Maka dari itu bagi penderita masalah osteoarthritis atau arthritis mengonsumsi jahe adalah pilihan tepat obat alami untuk mengurangi rasa sakit yang diderita.

Sebagai Antibakteri
Berbagai uji coba telah dilakukan para ahli untuk meneliti manfaat yang terdapat dalam jahe. Salah satu hasil dari uji coba tersebut adalah bahwa jahe menujukkan efek antibakteri juga antijamur. Di dalam jahe terkandung sejumlah anti-oksidan zingerone yang dapat melindungi jaringan tubuh manusia dari kemungkinan terjadinya kerusakan oksidasi.

Obat Mabuk di Perjalanan
Aroma menyegarkan yang dikeluarkan oleh Jahe mampu meredakan mua-mual yang memicu mabuk perjalanan, jahe juga dapat menyembuhkan jet lag. Maka dari itu bagi anda yang tidak tahan terdahap kondisi perjalanan untuk mencegah mabuk dianjurkan untuk mengonsumsi jahe sebelum melakukan perjalanannya.

Atasi Gangguan Menstruasi
Kebanyakan dari wanita yang sedang masa menstruasi selalu dibarengi dengan rasa sakit. Beragam obat kimia ditawarkan untuk mengurangi rasa sakit yang dialami ketika menstruasi. Namun perlu anda ketahui bahwa dengan mengonsumsi jahe dengan campuran gula merah mampu menjadi pereda rasa sakit menstruasi yang alami.
Sakit Gigi

Mengurangi Sakit di Gigi
Jahe dapat mengatasi masalah gigi dengan cara menggosokkan jahe mentah tepat pada gigi yang nyeri.

Batuk dan Sakit Tenggorokan
Rasa jahe yang dapat menimbulkan hangat pada tubuh ini mampu meredakan sakit tenggorokan juga batuk. Tidak hanya menenangkan jahe juga dapat mempercepat penyembuhan.

Menurunkan Kolesterol
Studi yang dilakukan para ahli kesehatan menyatakan bahwa dengan mengonsumsi jahe secara efektif mampu mengurangi penyerapan kolesterol pada darah dan hati. Kandungan jahe yang memiliki perannya adalah gingerol yang memiliki efek antikoagulan hingga mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah, melancarkan darah akibat adanya rangsangan pelepasan hormon adrenalin.

Menghilangkan Sakit Kepala
Selain membantu mengihlangkan mual-mual jahe juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Kandungan anthistamin dan anti inflamasi pada jahe inilah yang aktif berperam dalam meniadakan rasa sakit di kepala.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat jahe untuk kesehatan, baca juga artikel manfaat jeruk nipis, untuk menambah pengetahuan dan mengenali berbagai manfaat tanaman dan buah di sekitar kita.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown